Sabtu, 28 Juli 2007

Amazing Trip Baluran & Bali Barat National Park



Catatan Perjalanan


Kami semua terperanjat ketika sorot lampu mobil yang kami naiki , jelas terlihat sebuah Banteng liar dengan postur bafan tinggi besar kira kira berjarak 10 meter didepan kami, berdiri di tengah tengah jalan aspal yang sudah mulai banyak terkelupas untuk menuju Bekol lokasi jungle lodge disana ..
Banteng itu jelas berwarna hitam tinggi besar dengan mata yang berkilau karena pantulan cahaya. Mulutnya mengunyah nguyah sesuatu membuat saya dan para peserta Trip Baluran dan Bali Barat semua tercengang tak berkedip sedikitpun.
Banteng besar itu lalu bergerak jalan perlahan dan hilang masuk kedalam hutan yang pada saat itu terlihat sangat rapat. Dan nafas kami pun kembali terdengar sesaat kami mengira jantung saya telah berhenti.
Sungguh pengalaman yang sangat mendebarkan, saya nggak bisa membayangkan apabila Banteng liar itu menyerang mobil yang kami naiki.
Malam hari itu pun kami lewati di Bekol – Jugle lodge yang terletak di tepi Gunung Baluran yang menjulang di sebelah kanan Lodge yang terbuat dari kayu tersebut.
Taman Nasional Baluran adalah Taman Nasional yang tertua di Indonesia masih memperlihatkan keindahan hutan dan alamnya di akhir musim penghujan ini , semua terlihat hijau menyenangkannya dan akan sangat berubah ketika memasuki musim kemarau yang seperti terlihat padang savanna yang kering kerontang mengingatkan orang akan suasana di Africa.
Di Taman Nasional Bali Barat , tepatnya di pulau Menjangan , kami semua tercengang akan banyaknya ikan yang berwarna warni dengan jumlah yang sangat fantastis disekeliling kami pada saat melakukan snorkeling .
Dan ukurannya pun ada yang sangat besar berwarna warni menakjubkan.
Terumbu karang di pulau Menjangan berkarakter sebuah dinding menjulang kebawah kedasar pulau hingga gelap tak terlihat, namun terumbu karangnya masih bagus dan terjaga dengan baik oleh masyarakat sekitar, walaupun masih jelas terlihat sisa karang yang hancur oleh bom ikan dan racun. Pulau Menjangan memang pantas sebagai destinasi utama untuk para snorkel dan divers di Bali.
Kami bermalam di tempat yang tak akan kami bisa lupakan seumur hidup kami, hotel tersebut sangat indah di alam yang begitu indah dan perawan, hotel tersebut bernama MENJANGAN RESORT, semua bangunannya terbuat dari Kayu bengkirai yang didatangkan dari Kalimantan, kamar kami terletak di pingir laut yang di tumbuhi hutan bakau yang sangat cantik, antar kamar dengan kamar lainnya kami berjalan diatas jembatan kayu yang rapi tersusun. Kamar kami langsung menghadap ke laut yang begitu tenang dan memiliki kamar mandi diluar dengan disaain terbuka , sungguh sangat menarik.
Kami makan malam di Bali Tower , sebuah restaurant yang fantastik dengan settingan candle light dinner yang begitu romantik diatas bangunan konstuksi kayu menjorok jauh diatas pohon diatas ketinggian sekitar 30 meter serta memiliki pemandangan luar biasa kelaut sana.
Untuk menuju Restaurant Bali Tower itu dari kamar kami dijemput oleh kendaraan night safari yang kami duduk diatas atap mobil yang dilengkapi oleh lampu lampu sorot untuk bisa melihat kehidupan binatang malam di sekitar.
Taman Nasional Bali Barat adalah taman nasional yang luar biasa dan kami yakin anda akan tercengang akan keindahannya disana .


Arya Sadhewa

Tidak ada komentar: