Sabtu, 28 Juli 2007

Tanjung Bira dan Pulau Selayar



Sulawesi Selatan memiliki 2 lokasi yang begitu eksotik dengan pantainya yang berpasir putih, berlaut cantik yaitu di Tanjung Bira dan Pulau Selayar yang letaknya disebelah selatan kota Ujung Pandang.

Tanjung Bira
Untuk menuju Tanjung Bira kita harus melalui Desa Bulukumba perkambungan suku Bugis yang sangat terkenal sebagai desa yang mumpuni membuat Kapal kapal traditional suku Bugis sejak jaman nenek moyang kita .
Tanjung Bira saat ini sangat digemari Turis asing sebelum mereka menjelajahi Tanatoraja dataran tertinggi di pulau Sulawesi. Pantainya landai berpasir bak bubuk bedak putih berkilau dan lautnya memiliki gradasi warna biru tercantik di Sulawesi selatan.
Tanjung Bira terletak begitu terisolir terpojok di semenanjung berkarang dan berbatuan gersang namun terlihat begitu eksotik, memiliki beberapa penginapan sederhana di tepi pantai dan di tepi tebing. Ada juga beberapa restaurant tepi pantai nya yang menyediakan makanan selera turis asing.
Sedangkan untuk menuju Pulau Selayar , anda bisa menyebrang dengan kapal ferry yang berangkat rutin setiap sore hari nya menuju Pulau Selayar, menyebrang dari Pelabuhan Bulukumba yang terletak tidak jauh sebelum Tanjung Bira.

Pulau Selayar
Sebuah pulau yang bentuknya pipih memanjang berpenduduk hidup bercampur dengan damai antara suku Bugis, suku Makasar dan suku Bajo.
Setelah menyebrang dengan kapal Ferry dari Bulukumba dan berlabuh di Pelabuhan Pamatata , perjalanan darat menuju kota terbesarnya, Benteng memakan waktu sekitar 1, 5 jam perjalanan yang mempunyai pemandangan unik. Dipulau tersebut ditemukan Genta raksasa dari Bangsa Vietnam berumur lebih dari 2000 tahun yang silam.
Pulau Selayar sangat jarang disentuh oleh turis lokal, padahal pantainya cantik dan memiliki lokasi diving dan snorkeling yang cukup banyak. Pulau Selayar juga gerbang menuju Taman Nasional Takabonerate dimana terdapat Atol salah satu terbesar di dunia.
Pulau selayar mempunyai karakteristik pantai berbatu karang dan banyak di temukan gua gua laut yang begitu eksotik , kita bias berenang memasuki gua gua kecil tersebut dengan lautnya yang sangat tenang dan bening bersih luar biasa.

Arya Sadhewa

Tidak ada komentar: